ImageChef Custom Images

Cara Memberikan Pendidikan Seks Untuk Anak


 Bicara soal seks, apalagi bersama anak-anak dapat menjadi sangat aneh dan tidak nyaman. Namun, pendidikan seks sangat penting dan wajib diperkenalkan pada anak-anak. Bagi para orang tua yang masih bingung bagaimana cara serta metode tepat untuk memberikan pendidikan ini, yuk simak cara-caranya.

1. Cari waktu yang tepat Hal paling sulit adalah mendapatkan waktu yang tepat. Tidak mungkin pada saat makan pagi tiba-tiba anda berbicara soal seks. Tentu anak anda merasa bingung terhadap tingkah laku anda. Coba adakan satu waktu dimana anda akan membahas soal seks bersama dengan anak serta pasangan anda.

2. Jangan terlalu berlebihan, yang penting informatif Pertanyaan umum seorang anak berumur 5 tahun adalah apa artinya melahirkan? Maka jangan terlalu menjelaskan prosesnya terlalu panjang, cukup jelaskan melahirkan artinya sang ibu akan mengeluarkan anak dari tubuhnya. Seiring anak tersebut beranjak dewasa, maka anda bisa menceritakan prosesnya lebih detail dan terperinci. Sehingga, anak tidak terlalu terbebani dengan informasi yang begitu banyak pada saat bersamaan.

 3. Buatlah obrolan menjadi lebih nyaman Jangan berlaku seperti orang tua, namun posisikan diri anda sebagai teman bicara mereka. Berikan pengertian lebih apabila anak anda bingung. Dengarkan pendapat pribadi dari anak serta jawablah pertanyaan-pertanyaan, meskipun yang konyol atau tidak masuk akal sekalipun.

 4. Jawab setiap pertanyaan dengan tepat Ketika anak anda melontarkan sebuah pertanyaan, coba tanyakan darimana anak tersebut mengetahuinya. Jawablah secukupnya saja, dan biarkan anak anda bertanya lagi lebih detail jika mereka menginginkannya.

5. Mulai sejak dini Perhatikan perkembangan anak anda. Setiap anak memiliki waktu tepat yang berbeda, tergantung dari kepribadian mereka masing-masing. Jika anda merasa anak anda sudah siap menerima pendidikan seks ketika berumur 5 tahun, maka mulailah berikan pendidikan tersebut.

Semakin dini pendidikan seks diberikan dengan benar, maka akan berdampak baik bagi anak. Anak-anak dengan pendidikan seks cukup pada saat dewasa akan lebih mengerti tentang bahaya seks bebas, lebih menghargai pasangan dan akan hidup lebih sehat.

0 komentar:

Post a Comment