ImageChef Custom Images

CARA MENGAWALI KESUKSESAN BISNIS DENGAN BERFIKIR STRATEGIK

Para pengusaha yang sukses yang telah menerapkan cara berfikir strategik dalam berbisnis.
Hal ini dilakukan karena bisnis bukan sesuatu yang bersifat main-main atau asal-asalan dimana pengusaha akan berhubungan dengan konsumen yang menuntut pelayanan prima, juga akan berhadapan dengan para pesaing yang setiap saat dapat mengancam keberlangsungan bisnis Anda. Pengelolaan bisnis memerlukan keseriusan dengan memilih cara-cara yang harus dilakukan agar bisnis berjalan secara efektif dan efisien.
Agar bisnis dapat dijalankan dengan baik dan benar serta tidak salah arah dan tujuan haruslah dikelola dengan baik, pengelolaan bisnis yang baik dan benar dapat dilakukan dimulai dari cara berfikir strategik.
Cara berfikir strategik merupakan proses-proses untuk menentukan langkah yang akan diambil dan dijalankan dalam bisnis dengan memadukan dan mengintegrasikan unsur-unsur berikut ini:

1.    Pengusaha yang memiliki pola pikir strategik memiliki tujuan yang jelas dalam pencapaian karir jangka panjang.
Tujuan yang jelas mutlak diperlukan dalam bisnis, tujuan yang jelas akan memandu setiap proses yang dijalankan dalam bisnis agar mencapai titik yang dituju dan tidak salah arah. Dengan tujuan yang jelas Anda dapat menetapkan langkah-langkah secara jelas pula dalam arti tidak ngambang atau ambigu. Penetapan tujuan secara jelas akan menimbulkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk menjalani bisnis karena yang tergambar dalam benak pengusaha adalah kesuksesan yang sedang ditujunya. Pencapaian karir jangka panjang merupakan langkah yang lebih konkrit dan lebih jelas dari tujuan. Tujuan yang bersifat umum diterjemahkan dalam bentuk pencapaian karir dimasa depan. Penetapan karir yang akan dicapai di masa depan akan merangsang pengusaha untuk membuat tahapan yang akan dijalaninya meliputi berbagai strategi agar langkahnya efektif dan efisien. Dalam menetapkan pencapaian karir dimasa depan harus melihat persfektif tren masa mendatang untuk mengatasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi serta kemungkinan persaingan yang kompetitif di masa mendatang.

2.    Pengusaha yang memiliki pola pikir strategik akan mengenal lingkungan dengan baik
Mengenal lingkungan untuk menguatkan kelangsungan bisnis yang dijalani sangat diperlukan, dimana pengusaha harus menganalisis lingkungan global yang berubah setiap saat, lingkungan bisnis nasional, serta lingkungan bisnis yang diwilayahnya sampai lingkungan dalam perusahaanya. Hal ini dibutuhkan untuk selalu waspada terhadap perubahan paradigma yang berkembang dalam bisnis. Dengan kewaspadaan tersebut pengusaha dapat mengikuti arus yang berlangsung dalam bisnis jangan sampai pengusaha terlena dalam kegiatan berbisnis tanpa menyadari lingkungan telah berubah yang akhirnya ia akan kewalahan dan ketika tidak siap dengan serbuan perubahan dikhawatirkan akan berdampak buruk pada perkembangan bisnisnya.

3.    Pengusaha yang memiliki pola pikir strategik mengenal dirinya sendiri secara mendalam.
Pengenalan diri secara mendalam dalam konteks bisnis merupakan pengenalan terhadap potensi-potensi diri, kecakapan, kemampuan serta sumber daya yang ada untuk terus dikelola, ditingkatkan dan dikembangkan agar dirinya siap meghadapi tantangan bisnis, perubahan-perubahan serta persingan-persaingan yang mungkin terjadi.

4.    Pengusaha yang memiliki pola pikir strategik akan menjalani karirnya dengan komitmen yang jelas dan selalu konsisten.
Seorang pengusaha yang telah menetapkan tujuan dan pencapaian karir dimasa mendatang dengan jelas dan terstruktur, dengan tahapan-tahapan yang realistis, juga dapat melihat dan mengikuti lingkungan yang selalu berubah, disertai terus mengasah dan meningkatkan potensi diri, dan sumber daya yang ada, akan makin siap untuk menjalani bisnis dengan penuh komitmen terhadap keputusan yang telah dirancang dan proses-prose yang sedang dijalani serta selalu konsisten untuk menempuh tujuan dan pencapaian cita-citanya.

0 komentar:

Post a Comment