ImageChef Custom Images

Mengatasi Alergi Pada Anak


Memiliki anak yang memiliki alergi untuk jenis makanan tertentu merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Pasalnya, mereka harus mengawasi dengan ketat makanan apa yang dikonsumsi anak-anak tersebut. Apalagi, anak masih kurang bisa untuk membedakan mana yang baik dan tidak untuk diri mereka.

 1. Selalu baca label sebelum membeli Jangan asal memilih tipe makanan ketika berbelanja. Baca dengan baik apa saja bahan yang terkandung dalam makanan atau minuman tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Apabila anda tidak mengerti istilah ilmiah dari nama bahan tertentu, mulai sekarang pelajari istilah-istilah dalam label makanan. Perlahan, anda akan terbiasa dan dapat mengidentifikasi makanan mana yang tepat untuk dikonsumsi anak anda.

2. Konsultasi pada dokter Periksakan kondisi anak secara rutin kepada dokter kepercayaan anda. Pastikan dokter tersebut dapat membantu mengidentifikasi alergi apa yang ada pada anak anda. Kemudian, minta saran dari dokter tersebut tentang pola makan seperti apa yang baik untuk diterapkan.

 3. Jelaskan alergi tersebut pada anak anda Seorang anak kecil tentu tidak mengerti apa yang dimaksud dengan alergi. Mereka bahkan bingung dan marah karena tidak boleh makan-makanan jenis tertentu. Apalagi, jika anak anda alergi terhadap coklat, susu, dan makanan lain yang umumnya disukai anak-anak. Oleh karena itu, jelaskan secara perlahan kepada anak mengenai alergi yang dimiliki. Bimbinglah anak anda dan bantulah mereka melewati kekecewaan terhadap alergi. Bahkan, ada baiknya jika anda juga tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

4. Awasi pola makan saat bepergian Adakalanya anda akan bepergian bersama anak-anak. Tentu saja saat bepergian, anda akan mengkonsumsi makanan dari luar. Sebelum memesan makanan, ada baiknya anda bertanya tentang kandungan-kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Perhatikan juga jajanan yang dibeli oleh anak di perjalanan.

Persiapkan juga obat alergi bersama dengan anda. Siapa tahu saja anak anda tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang menyebabkan alerginya kambuh. Sehingga, ada baiknya untuk berjaga-jaga daripada terjadi suatu hal tidak diinginkan selama liburan berlangsung.

0 komentar:

Post a Comment